cukup

Demo buruh menuntuh upah minimum provinsi dengan alasan agar mencapai kesejahteraan. Apa sih yang dimaksud dengan sejahtera? Secara umum sejahtera berartikan baik, aman, makmur atau pun sehat.

Mari kita definisikan sejahtera menurut buruh. Buruh meminta kelayakan upah dengan berbagai kisaran, bahkan terbesar sampai 4juta untuk upah per bulan. Menurut pandangan gue, upah untuk saat ini sudah cukup jika mengingat kata sejahtera. Dan bagaimana yang dimaksud dengan layak versi buruh yang berdemo 4hari itu dan mengganggu aktivitas banyak orang?

Saudara gue bekerja sebagai buruh pabrik di daerah Karawang, Jawa Barat. Dia bercerita, upah yang dia terima per bulannya adalah 3,7jt dan itu belum ikut lembur. Itu hanya gaji pokok, yang sudah pasti diterima per bulannya. Kurang hidup layak apa dia sekarang? Motor Honda CBR, ikut arisan, beli rumah dengan sistem kpr dengan abangnya.

Dengan upah 3,7juta per bulan dia sudah bisa mencicil banyak hal. kendaraan, rumah, arisan atau tabungan secara kasar, makan tercukupi, kesehatan ditanggung perusahaan. Kemarin abang dari saudara yang gue maksud terkena sebuah penyakit dan diharuskan opname beberapa hari. Apa yang dikeluarkan dari kantongnya? Hanya uang untuk makan sehari – hari istrinya dirumah sakit atau jika dia ingin membeli makanan yang beda dan tidak mau makan makanan dari pihak rumah sakit.

Kurang sejahtera apa?

Kurang mobil ya di garasi?

Tuhan saya Yesus mengajarkan agar kita hidup berkecukupan, tidak berlebihan. Bukan berarti Tuhan saya tidak bisa memberi yang lebih. Tapi karena Tuhan kami percaya, kita kamu banyak berkelebihan, maka kamu akan mudah jauh daripadaNya. Ketika kamu bekerja dan mendapatkan penghasilan yang luar biasa, maka tujuan hidup kamu bukan lagi untuk Tuhan, tapi untuk pekerjaan.

Istri, anak, kerabat, bisa kamu lupakan hanya untuk mengejar uang yang tiada habisnya. Ambisimu akan habis hanya karena uang. Bukan karena hal – hal yang dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tapi gaji segitu mana cukup buat hidup dihari – hari seperti ini. Kebutuhan semakin mahal, apa – apa mahal. Jelas semakin terasa mahal, semua yang kamu gunakan harus high-class. Bagaimana perihnya hari saya ketika handphone saya di ejek, karena murahan. Motor saya hanya sekelas matic dan kredit. Tapi 1 yang kalian tidak punya. Tuhan saya dapat mencukupkan semuanya dan saya tidak pernah merasa kekurangan. Gaji saya bekerja tidak sebesar daripada yang mungkin anda terima. Jauh dari rata – rata. Bahkan ketika saya memberitahukan gaji saya ditempat perusahaan saya bekerja sekarang, banyak mereka yang mengusulkan untuk mencari tempat kerja yang lain.

“Lebih baik dikit tapi cukup, daripada banyak tapi kurang”

Cukup adalah proses menahan diri. Dapat menahan diri dari segala keinginan yang kurang bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang.

Teman punya kendaraan keren, pengin punya. Teman punya gadget keren, pengin punya. Teman jalan – jalan keluar negeri, pengin jalan – jalan. Hal – hal inilah yang membuat banyak orang akan selalu kekurangan.

Gue pernah hidup miskin, rumah banjir ketika hujan, banjir nya pun ajaib dari atas. Gue juga pernah hidup berkelimpahan. Rumah bertingkat, uang jajan paling banyak 1 sekolah, sepatu original. Tapi gue gak pernah minta untuk itu. Kenapa? Karena ketika gue dan keluarga punya itu semua ada yang kurang dari kami. Bokap jarang dirumah hanya untuk mencari uang. Abang jarang dirumah, adik sakit, dan banyak hal yang sangat tidak mengenakan ketika berkelebihan tapi fokus hanya dimateri.

Beda dengan kehidupan keluarga kami setelah kembali menjadi sederhana. Bisa berkumpul bersama, makan mie rebus bersama – sama, manjat ke punggung bokap saat malam. Menonton televisi bersama, rebutan remote, dan berbagai hal menyenangkan ketika hidup tidak hanya fokus dimateri atau uang saja.

Semakin besar upahmu didunia belum tentu semakin besar upahmu disurga. Pikirkan dahulu sebelum bertindak, pikirkan bagaimana nasib pimpinan atau perusahaan tempat kalian bekerja kalau kalian berdemo dan meminta upah terlalu tinggi. Apakah masa depannya akan panjang? Atau malah setelah naik gaji, perusahaan akan bangkrut tahun depan.

Amsal 1: 5
Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperolah pertimbangan

Matius 6: 11
Berilah kami pada hari ini makanan yang secukupnya

Salam Super

Comment? Disini aja

