Mindset Oh… Mindset Bagian II

Posted: 28 Oktober 2015 in Dan Lain - Lain :))
Tag:, ,

 Aha...!!!

Beberapa waktu lalu batin gue merasa puas karena habis memarahi seseorang di bawah lampu lalu lintas. Niat gue yang ingin taat untuk diam dibelakang garis zebra cross dicobai oleh seorang bapak – bapak tua yang tidak sabar ingin menerobos lampu lalu lintas tersebut. Gue pun tidak bergeming dengan celotehannya, begitu juga dengan bunyi klakson motornya. Yang membuat gue gak habis pikir adalah, bapak ini membawa istri dan anaknya dalam sebuah kendaraan bermotor dan dia tidak takut dengan kendaraan yang melaju dengan kencang dari arah berlawanan. Tidak berpikir panjang bahwa sedetik pun nyawa bisa menghilang jika kita melanggar lampu lalu lintas.

Kemudian beberapa hari setelahnya dalam keadaan macet kota Jakarta sebuah motor menyenggol kaca spion kanan daripada motor gue. Mindset bahwa jika kita buru – buru dan semakin kencang dalam berkendara maka kita akan cepat sampai adalah hal yang salah. Kalo kita sampai rumah keluarga, kalo sampai rumah sakit gimana? Ruang UGD!. Maka dalam menggunakan mindset, kita juga perlu menggunakan manajemen waktu yang baik.

Mindset berlaku dalam banyak hal. Karena dengan pikiran lah kita dapat melakukan banyak hal.

Sebagai manusia yang hidup dalam era global, sudah selayaknya kita punya mindset yang kuta, mindset yang modern, bukan lagi awam dengan menggunakan kata bapak…, zaman dahulu…, pepatah….., dll

Banyak hal yang menurut gue sangat absurd tapi nyata di Jakarta ini. Perjalan macet pulang kantor, dengan muka berminyak bercampur dengan debu dan panasnya cuaca sore ditambah lagi dengan emosi para manusia tidak beretika berjalan dengan seenaknya diatas trotoar menggunakan sepeda motor. Tidak punya kesabaran saat ada orang lain ingin memutarkan kendaraan, selalu ingin lebih di dulukan.

Pandanglah sebuah kejadian dengan 2 pandangan, pikirkan jauh bukan hanya saat ini. Karena jika kita memandang sesuatu lebih dari 1 pandangan, maka kita punya kesempatan untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik.

Ketika A sedang memutarkan mobil dan B menyerebot ingin cepat maka 1 hal terjadi adalah memungkin terjadinya sebuah kecelakaan dan merugikan oranglain atau bahkan akan timbulnya kemacetan. Tapi jika B mau menunggu sebentar untuk membiarkan A memutarkan kendaraan, maka dengan waktu tambahan sedikit B dapat sampat dirumah dengan selamat dan jalanan pun hanya terhambat sebentar.

Mari ubah pola pikir kita. Lihat sebuah kejadian/ gambaran dari sudut pandang lain. Lihat sisi sudut pandang positif, maka hidup kita lebih tenang tanpa memikirkan hal negatif.

Comment? Disini aja

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s