Anak Cilincing yang Takut akan Tuhan (Interview with Eben)

Posted: 20 Maret 2015 in Bagi - bagi Firman :D
Tag:, , , , , , , , , , , , ,

eben

Syalom gaes….

Belum pernah kan gue ngeblog ngebuka salam dengan kata syalom.
Bukan karena gue udah abis ide makanya terbit tulisan ini. Iya, ini adalah hasil interview gue sama seorang pelayan Tuhan. Dia melayani disebuah gereja di Cilincing, Jakarta Utara. Mungkin bagi kalian para pembaca blog gue gak akan sama sekali mengenal orang ini. Ya, karena memang orang ini gak akan pernah terkenal. Kecuali dia sampai main sinetron gantiin Aliando syuting GGS.

Ingat sebuah pepatah. Jangan pernah lihat “oknum” tapi lihat konteks apa yang sedang “oknum” tersebut bicarakan. Karena kalo kalian melihat orangnya, kalian bisa dipastikan tidak akan percaya apa yang dia katakan.

Semoga dari apa yang kita baca ini, kita semua bisa mendapatkan hidayah dari Tuhan. Kita semua terberkati dan mengalami pemulihan dan kembali ke jalan yang benar.

OK gaes. Ini dia interview gue. Check this out..!!

Hariandi Lion D. Sh.: Eh men, sebenernya lu gawe apa sih? Anak youth sukapura ada yang nanya aja gue bingung jawab apa. Gue jawab aja nganggur tapi punya usaha.
Eben Hazard: Itu udh betul bro. Usahanya lebih ke perantara, ya modal bicara dikit doanya yg banyak. Hehehhee
Hariandi Lion D. Sh.: Reseller? Mario Bros kan lu? Jual pipa atau tangki?
Eben Hazard: Pokoknya semua yang berbahan dasar fiberglas, bisa tangki, bisa atap fiber. Pokoknya fiberglass dehhh.
Hariandi Lion D. Sh.: Kok lu bisa lari kesana ya bisnisnya?

Eben Hazard: Fiber itu kan kerjaaan awal gue jadi sales keliling. Dulu gue mah selalu keliling Jakarta. Jualan tangki.
Hariandi Lion D. Sh.: Trus udah tau celah lu jalan sendiri gitu tanpa perusahaan?

Eben Hazard: Perusahaan sih ada. Gue tetep ngikut sama orang, cuma sifatnya freelance. Harga gue yang tentuin. Trus dapet komisi juga dari bos. Kalo mau keliling ya keliling, kalo lagi males ya dirumah aja tidur sampe sore. Hahahahaha
Hariandi Lion D. Sh.: Lu berani ngelakuin ini karena ada backup dr keluarga atau karena emang udah mental lu? Maksudnya gini. Ah kalo gak jualan juga ada rumah dan tempat tinggal tetep bisa makan tidur.
Eben Hazard: Ngga ada backup. Sejak lulus mana pernah gue minta uang buat beli ini itu, yang penting kan gak ngerepotin orangtua, trus kuliah jalan trus, 3 tahun ganti motor 2 kali, beli mobil semuanya cash gak pake kredit – kreditan. Hahahahahaha
Yahhh yang penting ada hasilnya. Makanya kalo gue dirumah 3 hari juga orangtua gak rewel. Yang bertanya – tanya gue kerja apa jga banyak, bukan anak Sukapura doang. -Sukapura maksudnya daerah gereja saya pemirsah-
Hariandi Lion D. Sh.: Berkat Tuhan buat lo apa sih?
Eben Hazard: Pertanyaan yg susah nih. Dapet apa gue klo dijawab. Hahaha….. Berkat Tuhan itu ya yang ada sekarang.
Hariandi Lion D. Sh.: Jadi yang ada sekarang ini, lu percaya berkat Tuhan yaa. Oiya, kenapa lu kalo gue tanya kerja apa kadang jawabnya nganggur. Lu gak takut nanti beneran nganggur? Bener – bener gak ada kerjaan dan pemasukan? Apa gak takut juga di cap sombong karena gak mau ngasih tau kerjaannya?
Eben Hazard: Yoiii. Temenan sama elu aja berkat ini. Hahahahaa

Hariandi Lion D. Sh.: Amiinnn

Eben Hazard: Kalo nanti gue bilang freelance, mereka nanyanya panjang. Males gue jelasinnya. Kalo gue bilang usaha, gak enak karena belum ada bukti. Jadi supaya simpel bilang aja nganggur, tapi pengangguran yg sukses. Hahahahaha.
Pokoknya lebih ke brokerlah. Ngarti broker kan lu? Broker bukan boker.

Hariandi Lion D. Sh.: Hahahaha…. Ngertilah. Yang kedua jawab juga dong. Takut gak ntar nganggur beneran atau dibilang sombong karena jawabnya ya gitu nganggur padahal ngga.
Eben Hazard: Nganggur beneran mah gak takut. Lu kalo udah ada pengalaman sales 1 tahun aja, trus ngelamar lagi jadi sales, pasti bnyak yg nerima. Jadi kalo emang ntar gak ada job, ya ngelamar aja, pasti bnyak yg antri. Ini beneran, karena sales itu banyak dicari tapi sedikit yang minat. Gue mah gak takut di cap sombong. Biarin aja mereka mikir. Nganggur tapi masih bsa foya – foya. Hahahaha. Tapi rata – rata sih mereka penasaran, gak ngecap sombong.

Eben Hazard: Kalo gue jawab usaha atau jadi pengusaha kecil kayaknya gimana gituuuu. Berat nyebutnya, enakan nyebut nganggur aja supaya dikasih kerjaan tapi yag ada uangnya. Hahahaa.
Lebih panas denger mana “pengangguran yg sombong atau pengusaha yang belum ada apa – apanya tapi udah ngecap dirinya pengusaha sukses trus sombong”
Hariandi Lion D. Sh.: Iya juga sih. Hahahaha…. Ada ada aja yee
Hariandi Lion D. Sh.: Nah. Soal pelayanan nih. Dari muka lu kan kayanya begajulan yee. Bisa terjun pelayanan sampai yg di tetuakan di komunitas youth gereja lu itu mulai dari kapan?

Eben Hazard: Gue terjun dalam dunia pelayanan di tahun 2006 setelah lulus. Ya pengalaman melayaninya mulai dari usher, kolektan, singer, WL dan terus meningkat sampe akhirnya jadi ketua remaja. Semuanya dimulai dari bawah. Mungkin gue doang kali ketua remaja yang lu liat begajulan. Rohani kagak, ancur banget juga kagak. Hahaha…

Hariandi Lion D. Sh.: Tua juga lu ya, 2006 udah lulus SMA. Ikut sekolah alkitab dulu gak sih sebelum melayani? Atau ada yang dorong atau dijorokin aja gitu sama seseorang?

Eben Hazard: Disuruh ikut sih, cuma emang waktu itu gak kepikiran kalo melayani itu harus sekolah alkitab. Makanya orang yg fasih bicara di depan itu sebenernya sales. Karena udah sering presentasi. Hehe…

Eben Hazard: Mana ada yang jorokin. Semuanya naturallah, nurut – nurut aja kalo dikasih pelayanan. Tanggung jawab juga. Dari hal kecil pasti nanti dipercayakan hal besar. Cieeee hahahaha
Hariandi Lion D. Sh.: Coba kasih kata – kata buat anak muda yang males pelayanan atau takut terjun ke dunia pelayanan? Modalnya apa dalam hal melayani versi lu?

Eben Hazard: Kasih atau aja ke mereka.. Kalo orang sukses itu modal dasarnya melayani.

Eben Hazard: Sebenernya bukan takut kali ya, cuma anak muda sekarang mereka males di bebanin tanggung jawab pelayanan. Karena mereka merasa gak dapet apa – apa.

Eben Hazard: Kasih tau aja klo dari masa remaja kita, kita sibuk melayani Tuhan, maka di masa depan, Tuhan yang akan sibuk memberkati hidup kita dan sukses itu akan mengikuti mereka yang setia dalam pelayanan. Rohani gak tuh perkataan gue. Hahaahhaa
Makanya jarang tuh keluar kata – kata.

Hariandi Lion D. Sh.: Keren yee. Gak seperti yang gue kenal.
Hariandi Lion D. Sh.: Pernah ngerasa down gak dalam pelayanan? Pengen mundur atau gimana?

Eben Hazard: Ya setiap orang pasti pernah ngalamin hal kaya gitu.. Diomongin, disindir, diomelin gembala, ditinggalin rekan pelayanan, dikhianatin. Wahhhh udh semua deh bro. Hahahaha

Eben Hazard: Yang penting pas kita ngalamin yang gak enak, trus fokus sama apa tujuan utama kita melayani. Menyenangkan hati manusia atau mnyenangkan hati Tuhan. Itu.#mariotegar

Hariandi Lion D. Sh.: Dahsyat juga yaa.
Hariandi Lion D. Sh.: Eben. Doa dan Baca Firman Tuhan?

Eben Hazard: Gue mah kalo doa gak terlalu sering dan gak ada jadwal – jadwal tertentu. Cuma kalo firman rutin 3 pasal sehari. Gini – gini udah 3 kali lho baca kitab Kejadian sampe Wahyu.

Eben Hazard: Jangan – jangan lu ketua youth belum pernah finish baca alkitabnya ya. Hahahahaha
Hariandi Lion D. Sh.: Gue pernah sampe finish tp baru 1x ya turun pelayanan jg baru kan😀 Baru sadar gue mah😀
Hariandi Lion D. Sh.: Cieee deh udah 3x khatam alkitab

Eben Hazard: Susah kan buat ngulang lagi ya. Apalagi klo liat jadwal yang semakin sibuk. Hahahahaha
Eben Hazard: Belum khatamlah. Gembala gue setahun 3 kali. Kacau. Hahaha

Hariandi Lion D. Sh.: Trus dalam pelayanan sendiri. Yang bikin lu kuat apa? Dan gimana cara ngembangin komunitas youth yang ada sekarang ini? Tau lah ya kan keadaan sekarang. Banyak yang males untuk ibadah.

Eben Hazard: Yang bikin kita kuat ya karena ada janji Tuhan. Jadi kita bukan orang – orang yang kurang kerjaan makanya kita melayani. Trus karena nanti udah males dan merasa lebih sibuk, kita juga jadi males melayani. Keluarga juga. Orang yang sibuk melayani Tuhan, pasti akan diberkati. Dan karena dia diberkati makanya dia bisa memberkati keluarga dan teman – temannya. Betul gak tuh? Hehehehe

Eben Hazard: Cara ngembanginnya sih simple ya. Ikutin apa maunya anak – anak remaja itu, trus sisipin nilai – nilai rohani. Jangan terlalu sibuk sama kegiatan yang kita mau. Doa, kunjungan, atau hal – hal yg rohani. Tapi yang bersifat fellowship jarang. Yang kayak gini yang bikin anak muda sekarang males dateng gereja. Hahaha

Hariandi Lion D. Sh.: Gimana cara tau apa yang anak remaja suka? Kan keinginan mereka beda – beda?

Eben Hazard: Ya keinginan setiap orang pasti beda – beda. Yang penting kan mereka ada wadah untuk berkreatifitas trus yg penting mereka harus punya komunitas yg bener. Karena ini yang akan mempengaruhi bagaimana masa depan mereka nantinya bro. Gue kan dari dulu selalu ada dalam komunitas yang bener. Di DPA aja gue salah langkah. -DPA atau Departemen Pemuda dan Anak-

Hariandi Lion D. Sh.: Ngejaga mereka dalam komunitas? Biar gak pergi atau pindah?

Eben Hazard: Ya itu salah satunya. Hahahaha
Eben Hazard: Kan bahaya kalo mereka pergi cuma karena mau cari cewe atau karena cuma disana lebih rame dan lebih menyenangkan. Pola pikir yang masih salah.
Hariandi Lion D. Sh.: Bagi lu sendiri. Lebih penting mana. Banyak jiwa tapi kurang kebersamaan dan hanya rutinitas ibadah atau sedikit tapi seperti keluarga?
Eben Hazard: Bagi gue sih lebih enak sedikit tapi seperti keluarga. Karena kalo udh terjadi keakraban, pasti yg lain – lain itu pada dateng. Yakin deh.
Eben Hazard: Keakraban kok yang sekarang – sekarang ini dicari sama anak- anak remaja.
Hariandi Lion D. Sh.: Mari kita keluar dari konteks pelayanan.
Hariandi Lion D. Sh.: Keluarga. Apa arti keluarga bagi hidup lu? Apa lu berarti juga bagi keluarga? *Rotfl*
Eben Hazard: Hahahaha
Eben Hazard: Keluarga ya jelas sangat berarti dong. Itu tempat dimana kita awal melayani. Jangan bangga sukses pelayanan di luar tapi drumah nyapu aja gak bisa. Itu mah omong kosong. Hahaha.. Jadi berkat diluar jadi berkat juga dirumah.
Hariandi Lion D. Sh.: Arti bokap nyokap?
Eben Hazard: Itu penting banget. Wakilnya Tuhan di bumi tuh. Tanpa doa orangtua mana bisa gue seperti ini. Tau seperti apa sekarang. Pokoknya se-ngeselin apa orangtua kita, kita wajib menghormati dan menyayangi mereka.

Hariandi Lion D. Sh.: Kerjaan udah. Pelayanan udah. Keluarga udah. Nah ini nih. Umur lu berapa sih? Pacar udah ada belum?
Eben Hazard: Pokoknya kalo umur masih mudalah. Sekitar 28an. Pacar lagi proses bro. Tolong di bantu ya wkwkwkwk
Hariandi Lion D. Sh.: Bantu apa nih? Bukannya udah cemewew-an sama anak gading nias ya?
Eben Hazard: Lagi proses. Diterima aja belum. Kalo dah di acc mah makan – makan kita. Elu yang bayar.
Hariandi Lion D. Sh.: Hahahahaha
Hariandi Lion D. Sh.: Tapi bener dia orangnya?
Eben Hazard: Abis mau cari yang laen, gak ada yang mau. Ini doang yang bisa di deketin. Hahaha
Hariandi Lion D. Sh.: Udah berapa kali pacaran sih seumur hidup lu? Penting gak pacaran buat lu?
Eben Hazard: Baru sekali doang. Gue waktu itu komitmen gak mao nyari pacar sebelum umur 22. Banyakin temen dulu. Pacaran kalo udah cukup umur dan cukup finansial. Hahahahaha..
Eben Hazard: Sekarang MBA itu lagi marak. Hati – hati  sama pacaran.
Hariandi Lion D. Sh.: Jadi buat anak anak remaja yang sekarang dikenal cabe – cabean atau terong – terongan. Mereka pacaran saat dini. Pendapatnya?
Eben Hazard: Ahhh itu mah dini banget. Belum pantes jugalah Dan pacaran sekarang kan ekstrem – ekstrem. Belum jadi apa2 manggilnya papa mama. Ehhhh jdi deh papa mama beneran. Hahaha….
Hariandi Lion D. Sh.: Hahahaha
Hariandi Lion D. Sh.: Nasihatnya dong buat anak SD, SMP, SMA yang udah pacar – pacaran!
Eben Hazard: Suruh aja pada fokus sama sekolah dan masa depan. Ntar juga kalo emang udah waktunya Tuhan kasih pasangan yang terbaik buat kita.

Hariandi Lion D. Sh.: Oke deh bro….
Hariandi Lion D. Sh.: Maaci interview nya semoga bisa jadi banyak berkat bagi orang yang baca.

Godbless O:)

 

Nb: Sh         : Siahaan bukan Sarjana Hukum
Hazard: Bukan nama asli

Comment? Disini aja

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s