Mengenal Diri Sendiri untuk Ikut Suatu Perubahan

Posted: 23 September 2013 in Uncategorized

Manusia selalu mempunyai atau keinginan untuk lebih maju atau berubah dari yang lama menuju ke yang baru. Gillin (1957) , mengartikan perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara hidup yang telah di terima , baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis , kebudayaan material , komposisi penduduk , dan ideologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan -penemuan baru dalam masyarakat .

Perubahan sosial ini banyak memiliki dampak , baik positif ataupun negatif.Dampak positif dari perubahan sosial ini adalah berkembangnya pemikiran masyarakat atau suatu kemajuan, mulai dari penggunaan kendaraan, telepon, hingga internet.

Sekalipun perubahan sosial bisa berdampak baik namun bagi mereka yang tidak siap menerima perubahan ini, perubahan sosial dapat menjadi suatu yang negatif, adapun dampak negatif itu ialah pembarontakan, krimilitas , KKN, demontrasi hingga kenakalan remaja.

Dari sini kita harus dapat memahami arti dari perubahan sosial itu, bagi kita yang sudah siap maka kita dapat menerima perubahan sosial ini dengan positif di tengah kelompok masyarakat atau antar individu – individu .

semakin maju jaman, sudah pasti perubahan sosial di tengah masyarakat akan terus meningkat dan dari sana pun akan muncul beberapa pertannyaan.Apakah anda siap dengan perubahan sosial ? Apakah anda dapat menerima perubahan sosial di dalam diri anda? Perubahan sosial ini akan menguji pikiran dan mental pada diri kita, kemudian akan muncul sikap kita di dalam perubahan sosial.

Peerlunya pendidikan dalam keluarga mengenai perubahan sosial ialah sangat penting karena perubahan yang paling signifikan terdahulu ialah dari dalam keluarga. Masuknya perubahan ke dalam keluarga membuat kita mudah mencapai perubahan sosial di lingkungan masyarakat luar.

Semakin kita paham tentang perubahan, semakin kita dapat mengontrol diri dari perubahan tersebut. Apakah kita harus menghadapi perubahan tersebut atau menghindarinya.

Manusia modern tentu tidak takut akan perubahan, mereka akan menghadapi perubahan tersebut dengan pikiran dan mental mereka masing-masing, danbagi kaum awam (pedesaan) sangat sulit diterima karena memiliki hambatan – hambatan seperti, adat istiadat atau kepercayaan kepada leluhur.

Beberapa dewasa muda setidaknya akan menghadapi atau menerima perubahan yang terjadi di sekeliling mereka dengan berbagai macam alasan, seperti tanpa perubahan kita tidak akan maju atau tanpa perubahan kita seperti berjalan di tempat.

Dan dewasa muda lainnya lebih memilih menghindar karena dampak perubahan takut dapat merusak pikiran, mental dan moral mereka. Karena perubahan sosial juga banyak digunakan sebagai bahan kriminalitas dan kenakalan remaja, dan dewasa muda lainnya sedang berjalan mengikuti waktu tanpa menghindar atau menghadapi perubahan sosial tersebut.

Di tahun yang semakin berkembang ini, memang perubahan sosial banyak berdampak negatif terhadap lingkungan masyarakat ,dari maraknya barang-barang elektronik hingga alat komunikasi semakin canggih.

Munculnya perubahan selalu penuh dengan pro dan kontra, mereka yang siap juga belum tentu pro dengan perubahan karena banyak penyalahgunaan perubahan tersebut. Internet salah satu yang banyak disalahgunakan, fungsi internet yang seharusnya untuk berkomunikasi, kini dapat digunakan sebagai bahan penipuan hingga penculikan .

Canggihnya internet tak lepas dari peran penggunanya dan barang-barang elektroniknya.       Manusia modern yang telah siap dengan perubahan memang tidak lepas dari dilema penyimpangan perubahan itu sendiri, tapi bagi mereka yang inovatif perubahan digunakan sebagai alat untuk merubah diri mereka sendiri dari segi material atau jaringan untuk mencakup wilayah pertemanan.

Inovasi internet sekarang semakin berkembang dan maju, internet bukan saja sebagai alat komunikasi tapi sebagai tempat berjualan atau yang dikenal sebagai Online Shop .

Jadi perubahan sosial akan berdampak jika kita sendiri mau ikut diubah, baik buruknya suatu perubahan adalah tentang diri kita sendiri, bagaimana memandang arti sebuah perubahan itu sendiri, dan persiapan pikiran, mental dan mengetahui resiko dari perubahan ialah sangat penting agar kita terhindar dari penyimpangan perubahan.

Seperti halnya di Indonesia. Indonesia termasuk negara yang mudah mendapatkan perubahan, dari segi fashion, gadget, transportasi, dll. Masuk yang lebih kecil, Jakarta adalah salah satu kota paling aktiv sedunia, dari pagi hingga malam. Di Jakarta penggunaan yang paling aktif adalah tempat hiburan, gadget dan internet, manusia di Jakarta memang seperti orang yang kurang hiburan, banyak orang di tengah malam yang pergi ketempat hiburan malam, bermain dengan gadgetnya didunia maya sampai larut .

Perubahan juga berlaku terhadap pola mencari pasangan, bagaimana saat kita putus dan berganti pasangan, saat kita bertemu dengan mantan orang lain dan mantan kita bertemu dengan mantannya orang lain. Perubahan pola pikir untuk kita mengenal dasar hati dah pikiran pasangan kita yang baru.

Pernyataan ini kembali ke pertannyaan diatas. Apakah kita siap akan perubahan? dan Apakah kita siap move on? Tapi banyak masalah terjadi dalam suatu hubungan akan perubahan ini, seperti halnya mengingat kebiasaan mantan dan menjadikan diri kita menginginkan pasangan kita menjadi seperti mantan kita terdahulu.

Pada masalah yang kompleks atau rumit menerima perubahan dalam suatu hubungan adalah hal yang sulit, ketika kita benar-benar mencintai mantan kita terdahulu dan dia pergi  meninggalkan kita, pasti banyak orang dari antara kita yang sulit untuk menerima perubahan dari kasus ini. Dan dalam kasus ini juga mungkin dapat menyebabkan beberapa perubahan dalam kepribadian kita. Seperti, menyendiri, sering merenung, bahkan akan merasa sepi walau banyak orang disekitar kita.

Well, perubahan itu tidak selalu mudah kita terima atau kita tolak, karena perubahan akan datang sendirinya dalam bentuk apapun dan kadang tidak kita sadari.

Kenalilah diri kita sendiri, pahamilah kehidupan kita, cari tujuan hidup kita sejelas mungkin, gunakan target-target hidup yang pasti bisa menentukan langkah kita selanjutnya, karena cuma diri kita yang dapat mengenali perubahan yang datang kepada diri kita dan hanya kita yang dapat mengendalikan perubahan itu. Takut akan Tuhan adalah cara paling ampuh untuk menuntun hidup kita, bacalah Firman Tuhan menurut keyakinan masing-masing, agar jalan lurus kita dapat diluruskan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Trimakasih

Salam kasih dan damai

God bless us

🙂

Comment? Disini aja

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s